Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 09 April 2019

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui Beserta Gambar Lengkap Dengan Penjelasannya, Renewable Natural Resources.

| Selasa, 09 April 2019
Sumber daya alam yang dapat diperbaharui - pustakapengetahuan.com


Bumi merupakan satu-satunya planet yang terdapat kehidupan di dalamnya. Planet Bumi dapat dikelompokan menjadi 2 wilayah besar, yakni daratan dan lautan. Pada tiap kawasan terdapat bermacam-macam makhluk hidup yang membentuk ekosistem di dalamnya.

Pada setiap ekosistem terkandung beraneka macam sumber daya alam yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Sumber daya alam dikelompokkan menjadi sumber daya alam yang tidak dapat dapat diperbaharui dan sumber kekuatan alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui artinya sumber daya tersebut dihasilkan dari sisa-sisa makhluk hidup atau fosil yang terkubur selama jutaan tahun yang lalu. Sedangkan, sumber daya alam yang dapat diperbaharui dihasilkan dari proses alam yang masih berlangsung hingga saat ini.


Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali secara terus-menerus atau memiliki kuantitas yang tidak terbatas sehingga dapat kita gunakan terus. Sumber daya alam tersebut bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, ia juga bisa dipakai untuk kebutuhan lainnya.

Terdapat berbagai jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hal itu membuktikan bahwa betapa luar biasanya Tuhan yang telah menciptakan Bumi dan menyediakan semuanya untuk makhluk ciptaannya. Agar lebih jelas berikut ini kami berikan 12 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.


Geothermal.


Geothermal sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Daya panas bumi diekstrak melalui proses alami memberikan panas ke salah satu unit  pembangkit listrik tenaga panas bumi. "iaya yang efektif, kehandalan, dan ramah lingkungantidak lagi terbatas kepada daerah dekat batas lempeng tektonik. Pemanasan unit telah mendorong angkauan dan ukuran sumber daya yang layak untuk diperluas. )elompok terbesar pembangkit listrik tenaga panas bumi di dunia berlokasi di geyser, lapangan panas bumi di 7alifornia, merika Serikat. Sebagian besar biaya penanaman listrik masuk ke pengeboran karena tidak memerlukan  bahan bakar apapun. Saat ini negara yang memanfaatkan teknologi ini dan lokasi potensialyang menjadi pertimbangan.


Cahaya matahari


Cahaya matahari sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com



Matahari atau sang surya adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena jumlahnya yang tidak terbatas. Matahari adalah pusat dari galaksi bima sakti. Panas sang surya, tak jarang di pakai oleh rumah- rumah sebagai sumber kekuatan untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan. Kecuali itu cahaya sang surya mulai di pakai sebagai kekuatan pembangkit listrik, karena jumlahnya yang tidak terbatas dan ramah lingkungan.


Angin.


Angin sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Angin adalah udara yang bergerak. Angin sering dimanfaatkan sebagai kekuatan pilihan seperti pembangkit listrik kekuatan angin, serta alat untuk cara pengairan. Angin adalah salah satu sumber kekuatan alam yang memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Sehingga angin dianggap sebagai kekuatan pilihan yang murah dan ramah lingkungan.


Air 


Air sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Air adalah salah satu sumber kekuatan alam yang memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Air di indonesia tak jarang diterapkan sebagai sumber pembangkit listrik. Air juga adalah kebutuhan yang betul-betul penting bagi kehidupan di bumi.


Tanah


Tanah sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Tanah adalah salah satu sumber kekuatan alam yang juga memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Tanah di pakai sebagai komponen dari pertanian, perkebunan, maupun pembangunan. Tanah atau pasir juga di pakai sebagai alat untuk memasak. Di sebagian desa di Indonesia, tanah atau pasir dianggap sebagai substitusi minyak untuk menggoreng kerupuk. Kecuali itu oleh masyarakat di madura, tanah atau pasir diterapkan sebagai daerah tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.


Tumbuhan - tumbuhan


Tumbuhan - tumbuhan sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup di bumi, dan dianggap sebagai salah satu sumber daya alam. Tumbuhan dapat berkembang biak maupun dikembangbiakkan oleh manusia. Tumbuhan adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena tumbuhan dapat berkembang biak. Binatang oleh usaha sendiri maupun oleh manusia.


Hewan 


Hewan sebagai sumber energi - pustakapengetahuan


Binatang darat adalah hewan yang hidup di darat. Binatang darat adalah makhluk hidup yang ada di bumi. Binatang darat adalah salah satu dari sumber protein bagi manusia. Kecuali itu, hewan darat juga dapat menjadi alat transportasi dan alat untuk membantu pekerjaan manusia, seperti sapi untuk membajak dan simpanse untuk memetik kelapa. Sama seperti tumbuhan, hewan darat mampu berkembang biak, sehingga menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Binatang laut adalah hewan yang hidup di air. Binatang air terbagi menjadi hewan air tawar dan hewan air asin. Binatang air juga menjadi sumber protein bagi manusia. Binatang air juga dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit. Seperti hewan darat, hewan air juga bisa berkembang biak, sehingga dianggap sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.


Ombak laut


Ombak besar sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Ombak adalah aliran air laut yang bergulung- gulung pengaruh tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak adalah salah satu sumber daya alam yang memiliki jumlah yang betul-betul banyak. Ombak dapat diterapkan sebagai sumber pembangkit listrik. Kecuali itu ombak diterapkan untuk sumber listrik bagi mercusuar yang ada di tebing.


Biomassa


Biomassa sebagai sumber energi - pustakapengetahuan.com


Biomassa adalah sisa- sisa makhluk hidup yang telah mati, tapi jasadnya masih dapat di pakai oleh manusia. Biomassa antara lain sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu di pakai kembali dalam pembuatan mebel. Kecuali itu sisa rumput kering di pakai kembali untuk pupuk kompos. Sisa kotoran hewan juga di pakai sebagai energi pilihan substitusi bahan bakar dari gas alam, adalah biogas.


Pasang dan surut air laut


Pasang dan surut air laut - pustakapengetahuan.com


Pasang surut air laut adalah naik dan turunnya permukaan air laut. Pasang surut air laut juga dapat diwujudkan sebagai sumber kekuatan listrik. Walau pengaplikasian cara ini belum banyak di ketahui dan diterapkan oleh negara- negara di dunia. Meskipun begitu cara ini dapat digunakan untuk membantu pasokan listrik di desa- desa nelayan di pinggir pantai yang belum terkena aliran listrik.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar