Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 10 April 2019

Sumber Daya Alam (SDA), Pengertian dan Jenis - Jenis Sumber Daya Alam, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Natural resources.

| Rabu, 10 April 2019
Sumber daya alam (Natural resources) - pustakapengetahuan.com


Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan.

Pengertian Sumber Daya Alam (SDA).

Sumber daya alam merupakan semua bahan yang dapat ditemukan oleh manusia dalam alam dan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya. Bagi manusia, sumber daya alam pada dasarnya adalah hal terpenting yang berupa benda hidup (hayati) ataupun benda mati (non-hayati).

Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini.

Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brasil, Kongo, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.

Kedua jenis sumber daya alam tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebenarnya, manusia juga merupakan sumber daya bagi suatu negara karena manusia dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi negaranya dengan cara menjadi tenaga kerja, memajukan ilmu pengetahuan, bahkan teknologi sehingga bisa meningkatkan perekonomian negara.


Jenis - Jenis Sumber Daya Alam.

Sumber Daya Alam bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di lingkungan alam dan manusia bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa jenis sumber daya alam yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Sumber Daya Alam Berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya jenis-jenis sumber daya alam dibagi menjadi 2:

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Adalah Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam jenis ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga digunakan terus menerus akan habis, seperti bahan-bahan galian atau barang tambang.

Sumber daya alam yang bisa diperbarui.


Sumber daya alam yang bisa diperbarui - pustakapengetahuan.com


Sumber daya alam yang bisa diperbarui adalah semua kekayaan alam yang tidak akan pernah habis. Contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui seperti hewan, tumbuhan, air dan udara. Berikut pemanfaatan sumber daya alam yang bisa diperbarui:

Contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui diantarnya adalah:

Tumbuhan

Contoh pertama yaitu sumber daya alam dari tumbuhan. Produk tumbuhan tentunya sangat diperlukan dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, misalnya saja buah-buahan, sayuran, umbi, dll. Semua produk tersebut merupakan hasil dari tumbuhan. Sekalipun sumber daya alam tumbuhan tersebut dikonsumsi setiap hari, namun keberadaannya masih dapat diperbaharui yakni melalui budidaya pertanian.

Hewan

Contoh lainnya yaitu sumber daya alam dari produk hewan, misalnya susu, daging, kulit, dan lainnya. Produk tersebut dapat diperbaharui yakni dengan dilakukan budidaya oleh para peternak.

Tanah

Tanah juga tergolong contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Maksudnya adalah, tanah yang sudah digunakan untuk berbagai kepentingan, misalnya budidaya pertanian akan mengalami berkurangnya unsur hara karena diserap oleh tanaman. Namun, hal ini bukanlah masalah karena tanah tersebut masih dapat digunakan untuk usaha pertanian selanjutnya. Kesuburan serta kualitas tanah tersebut juga dapat diperbaiki dengan usaha tertentu seperti pengolahan, pemupukan, pengairan, dll.

Air

Contoh keempat dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air. Air sangat dibutuhkan keberadaannya oleh makhluk hidup. Air tersebut ada yang dapat dimanfaatkan dan ada pula yang tidak dapat dimanfaatkan. Kendati demikian, air yang tidak berkualitas dapat dilakukan serangkaian proses sehingga zat kimia, dan segala macamnya yang terdapat di dalamnya tidak berbahaya bagi manusia.

Energi Matahari

Energi matahari dapat difungsikan untuk beragam kepentingan, misalnya saja panel surya. Pada panel surya tersebut energi matahari dapat dirubah menjadi energi listrik. Dari sana, energi tersebut dapat digunkan untuk beragam kepentingan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui adalah semua yang ada di alam, apabila sudah habis sulit kembali. Bisa saja kembali, tetapi membutuhkan proses yang sangat lama. Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui adalah minyak bumi, batu bara, gas alam, barang tambang mineral dan barang tambang non mineral.

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diantaranya adalah:

Batu bara


Batu bara - pustakapengetahuan.com


Untuk menghasilkan batu bara diperlukan waktu yang sangat lama oleh alam yaitu jutaan tahun. Batu bara dihasilkan atau terbentuk dari penimbunan dan pembusukan sisa dari tumbuhan. Kegunaan batu bara bisa dijadikan sebagai bahan bakar baik di rumah- pabrik ataupun lokomotif kuno.

Minyak bumi


Minyak bumi (Oil) - pustakapengetahuan.com


Minyak bumi dapat digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Minyak bumi ini terbentuk dari jasad renik hewan yang sudah tertimbun dalam waktu yang sangat lama. Untuk mendapatkan minyak bumi ini dilakukan proses pengeboran, kemudian didapatkanlah minyak mentah. Minyak mentah tersebut kemudian diolah serta disuling sehingga menghasilkan beberapa jenis bahan seperti’ solar, oli, aspal, bensin, minyak tanah, vaselin, parafin, dll.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sejenis logam.

Contoh lainnya dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah beragam jenis logam. Contoh jenis logam seperti besi, emas, nikel, platina, tembaga, aluminium, dll. Semua bahan-bahan tersebut berhubungan dengan bahan bangunan, perhiasan, alat transportasi, dll.

Barang  tambang logam


Barang  tambang logam - pustakapengetahuan.com


Barang tambang non logam biasa dimanfaatkan untuk :
  • Emas dan perak digunakan untuk perhiasan.
  • Alumunium dimanfaatkan untuk peralatan dapur hingga badan pesawat terbang.
  • Besi untuk pembuatan tiang bangunan atau pagar rumah 
  • Tembaga digunakan untuk bahan kawat atau bahan kabel.
  • Nikel digunakan untuk membuat bahan campuran logam.
  • Perunggu biasa digunakan untuk membuat patung.


Barang tambang non logam.


Barang tambang non logam - pustakapengetahuan.com


Barang tambang non logam biasa dimanfaatkan untuk:
  • Gipsum digunakan untuk bahan cat tembok.
  • Intan digunakan untuk perhiasan.
  • Belerang digunakan untuk bahan obat-obatan.
  • Grafit dan karbon digunakan untuk membuat pencil.
  •  Asbes digunakan untuk atap rumah.
  • Aspal biasa digunakan untuk pengeras jalan.

Sumber daya alam berdasarkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam dibagi menjadi 2:

Sumber daya alam hayati (biotik).
Sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam Hayati dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Sumber daya alam yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.
  • Sumber daya alam nabati adalah SDA yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

Sumber daya alam non hayati (abiotik).
Sumber daya alam ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.


Sumber daya alam berdasarkan pembentukannya.

Berdasarkan bentuknya, Sumber daya alam dibagi menjadi 4 jenis. Berikut adalah penjelasan mengenai sumber daya alam berdasarkan bentuknya:

Sumber daya alam materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan. sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia.

Sumber daya alam energi

Sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari

Sumber daya alam ruang

Sumber daya alam yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidupn. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah.


Sumber daya alam berdasarkan waktu

Sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya Air ketika musim kemarau keberdaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.


Sumber daya alam berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya.

Berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya sumber daya terbagi sebagai berikut :
  • Sumber daya alam ekonomis, seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.
  • Sumber daya alam non-ekonomis, Contohnya sinar matahari, udara, dan air.


Sumber daya alam berdasarkan lokasinya.


Sumber daya alam berdasarkan lokasinya - pustakapengetahuan.com


Sumber daya alam berdasarkan lokasinya, di bedakan menjadi 2 macam, diantaranya:
  1. Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam hanya dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.
  2. Sumber daya Alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya, baik sumber daya alam hayati atau sumber daya alam non-hayati. Kekayaan alam Indonesia bisa di dapatkan di permukaan bumi, di dalam perut bumi, di laut dan di udara. Berdasarkan ketersediaanya sumber daya alam dibagi menjadi dua kelompok yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.


Pemanfaatan Sumber Daya Alam.


Pemanfaatan sumber daya alam - pustakapengetahuan.com


Pemanfaatan suatu sumber daya bisa dinilai berdasarkan kegunaan sumber daya untuk manusia itu sendiri. Maka dari itu, semakin bermanfaatnya suatu sumber daya alam, maka sumber daya tersebut akan semakin bernilai. Misalnya saja, lahan pertanian yang subur bisa dijadikan daerah pertanian yang sangat potensial. Suatu negara yang mempunyai sumber daya yang berlimpah dipastikan menjadi suatu negara yang maju jika sumber dayanya dimanfaatkan secara maksimal.

Secara alamiah, kebanyakan manusia memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada dilingkungannya dengan berbagai bentuk aktivitas, aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dibagi ke dalam enam aktivitas yang sangat menguntungkan, seperti halnya pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, peternakan, dan kehutanan.


Sumber daya alam dengan Pertumbuhan Ekonomi.


Sumber daya alam dengan Pertumbuhan Ekonomi - pustakapengetahuan.com


Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan yang erat, dimana kekayaan sumber daya alam secara teoretis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat. Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebut justru sangat bertentangan karena negara-negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang rendah. Kasus ini dalam bidang ekonomi sering pula disebut Dutch disease.

Hal ini disebabkan negara yang cenderung memiliki sumber pendapatan besar dari hasil bumi memiliki kestabilan ekonomi sosial yang lebih rendah daripada negara-negara yang bergerak di sektor industri dan jasa. Di samping itu, negara yang kaya akan sumber daya alam juga cenderung tidak memiliki teknologi yang memadai dalam mengolahnya.Korupsi, perang saudara, lemahnya pemerintahan dan demokrasi juga menjadi faktor penghambat dari perkembangan perekonomian negara-negara terebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pembenahan sistem pemerintahan, pengalihan investasi dan penyokongan ekonomi ke bidang industri lain, serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pemberdayaan sumber daya alam. Contoh negara yang telah berhasil mengatasi hal tersebut dan menjadikan kekayaan alam sebagai pemicu pertumbuhan negara adalah Norwegia dan Botswana.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.


Pengertian Energi dan Bentuk - Bentuk Energi

Manfaat Air

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar