Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Selasa, 30 April 2019

Paragraf Persuasi (Persuasion Paragraph), Pengertian, Ciri - Ciri, Bentuk - Bentuk, Jenis - Jenis Paragraf Persuasi.

| Selasa, 30 April 2019
Paragraf Persuasi - pustakapengetahuan


Paragraf persuasif banyak juga menyebutnya dengan persuasi yakni suatu paragraf yang isinya mengajak atau berusaha merebut perhatian atau yang isinya mempunyai unsur ajakan bagi si pembaca untuk melakukan hal tertentu. Sedangkan untuk jenis dari paragraf persuasif sendiri umumnya disajikan semenarik mungkin, dan juga biasanya isinya meyakinkan berupa pengalaman dengan mengisaratkan suatu hal yang sangat penting. Biasanya Paragraf persuasi digunakan sebagai sarana beberapa lembaga kesehatan, pemerintahan dan badan usaha tertentu sebagai paragraf propaganda.



Pengertian Paragaraf Persuasi

Paragraf persuasif atau persuasi merupakan sebuah paragraf yang memiliki isi memberi bujukan dan ajakan untuk pembacanya agar memiliki pemikiran yang sama, mengikuti dan melakukan apa yang sudah dituliskan oleh penulis didalam paragraf persuasi. Dengan kata lain paragraf ini memiliki arti tersirat bahwa setiap asumsi dan pemahaman manusia tentang pendapat, pandangan dan manusia sewaktu-waktu dapat berubah dikarenakan faktor tertentu.

Pada dasarnya pengertian paragraf persuasi menurut para ahli adalah sama mengarah menuju pengetian umum yakni paragraf persuasi adalah paragraf yang bersifat mengajak dan mempengaruhi pembacanya lewat kalimat-kalimat ajakan dan propaganda. Sedangkan contoh paragraf persuasi sendiri dapat dengan mudah anda temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti di media masa, koran televisi hingga internet sekalipun kerap memunculkan contoh paragraf persuasi tanpa kita sadari.

Paragraf persuasi memiliki tujuan utnuk mepengaruhi dengan cara memberikan bujukan pada pembacanya agar setiap orang yang membaca mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh sang penulis didalam paragraf tersebut. Untuk mempengaruhi pembacanya, paragraf ini dilengkapi dengan fakta, data-data yang bersifat kuat dan bukti-bukti. Didalam paragraf persuasi anda akan sering menjumpai kata yang bersifat mengajak atau sekedar memberi saran rekomendasi seperti "Ayo", "Lakukanlah", "Sebaiknya", "Mari" dan lain sebagainya. Maka dari itu paragraf persuasi sangat cocok untuk dijadikan sebagai paragraf penyusun teks iklan yang bersifat propaganda atau memberi himbauan.

Untuk mengidentifikasi paragraf ini sangat mudah dilakukan dengan melihan struktur dan maksud dari teks atau paragraf itu sendiri. Jika paragraf tersebut bersifat mengajak maka dapat dipastikan itu merupakan paragraf persuasi. Contoh paragraf ini pada dasarnya dapat anda temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ketika anda sedang melihat saluran televisi dan terdapat iklan maka itulah yang dinamakan persuasif.


Ciri - Ciri Paragraf Persuasi.

Dari pernyataan yang sudah saya jelaskan di atas dapat disumpulkan bahwa ciri-ciri paragraf persuasi adalah sebagai berikut:
  • Isinya mengandung fakta dan bukti sebagai faktor yang kuat dalam mempengaruhi atau kalimat dengan bentuk ajakan/bujukan.
  • Tulisan memiliki tujuan untuk mendorong atau mempengaruhi pada suatu hal
  • sedangkan untuk bahasa yang di gunakan dibuat provokatif, menarik, dan antusias. Hal ini di lakukan agar si pembaca dapat lebih yakin
  • Membuat si pembaca dapat lebih percaya dengan penjelasan yang menarik
  • Berupaya dapat menimbulkan suatu kesepakatan atau penyesuaian lewat kepercayaan penulis dengan pembaca
  • Berupaya dapat menghindari konflik, yang mana hal ini di lakukan agar pembaca yakin dan tercapainya kesepakatan
  • Memperlihatkan berbagai fakta serta data sebagai penguat argumentasi atau dalil

Karena memiliki ciri-ciri tersebut, Paragraf persuasi banyak dijadikan dan diterapkan sebagai teks iklan dalam media masa baik itu online maupun media cetak dengan harapan orang yang membaca dan mendengar paragraf ini dapat berpikiran sama dengan penulis.


Bentuk - Bentuk Paragraf Persuasif

Ada beberapa bentuk paragraf persuasif yang umumnya di gunakan, di antaranya sebagai berikut :
  • Bentuk pidato : contoh propaganda, kampanye lisan, dan penjual jamu ditempat-tempat terbuka.
  • Bentuk tulisan : iklan, brosur dan selebaran.
  • Bentuk elektronik : misalnya iklan TV, bioskop, dan internet


Contoh paragraf persuasi

Makanan merupakan kebutuhan primer manusia yang tidak akan pernah bisa digantikan sampai kapanpun. Makanan membantu manusia untuk tumbuh dan berkembang, Makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi seperti Roti Baker merupakan jenis makanan yang sesuai untuk dijadikan sarapan sehari-hari anda. Roti Baker memiliki terbuat dari gandum yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber tenaga anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ayo belilah Roti Baker ditoko roti terdekat dan rasakan kenikmatan sarapan tiada duanya.


Jenis - Jenis  Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi dapat dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan fungsi dan peranannya yakni pendidikan, politik, advertising (periklanan) dan propaganda.

Paragraf persuasi pendidikan

Paragraf persuasi jenis ini umum digunakan untuk kepentingan pendidikan seperti instansi, lembaga universitas dan lain sebagainya. Umumnya paragraf ini berisi himbauan, motivasi, dan ajakan untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya hingga jenjang perguruan tinggi. Tidak jarang juga guru menggunakan kalimat persuasif jenis pendidikan untuk memotivasi muridnya agar giat belajar.

Contoh paragraf persuasi pendidikan

Pendidikan merupakan hal penting yang harus dirasakan oleh anak cucu kita. Hal ini dikarenakan pendidikan juga menjadi faktor penentu suksesnya seseorang di masa depan. Pendidikan dapat bersifat formal yakni dilakukan disekolah dan universitas atau bersifat non-formal yang umumnya dilakukan di lembaga keterampilan atau kursus-kursus setempat. Dengan giat belajar dan memanfaatkan fasilitas pendidikan gratis yang diberikan pemerintah kita dapat mengeyam pendidikan tanpa harus takut mengeluarkan biaya lebih. Maka dari itu marilah kita tingkatkan tingkat dan kualitas pendidikan yang kita miliki agar di masa depan kita memiliki kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Paragraf persuasi politik

Paragraf ini memiliki tujuan yakni untuk mempengaruhi sekaligus mengajak pembacanya untuk berpikiran sama atau masuk kedalam dunia politik. Paragraf persuasi jenis ini kerap kali digunakan oleh politikus pada saat pemilihan anggota pemerintahan yang bertujuan untuk kepentingan partai politik tertentu.

Contoh paragraf persuasi politik

Tidak lama lagi kita akan menginjak tanggal diadakannya pesta pemilihan wakil rakyat. Ayo kita gunakan hak pilih yang kita memiliki untuk membangun indonesia yang lebih baik dan lebih maju. Jangan sampai hak pilih yang anda miliki terbuang sia-sia bahkan dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk kepentingan lain. Oleh karena itu teman-teman, saudara sebangsa dan setanah air saya mengajak untuk menggunakan hak pilih kita untuk memilih presiden yang benar.

Paragraf Persuasi Advertising (Periklanan)

Paragraf persuasi yang satu ini digunakan untuk tujuan yang bersifat komersil yakni sebagai media iklan yang dibuat oleh produsen tertentu. Teks dan paragraf ini biasanya digunakan untuk mempromosikan produk produk baru atau untuk meningkatkan rating suatu produk. Persuasi advertising bertujuan untuk memikat pendengar agar membeli produk yang diiklankan. Bahasa yang digunakan juga terkesan lugas dan mengajak secara halus. Sehingga tidak sedikit pula yang terpengaruh oleh paragraf persuasi jenis ini.

Contoh paragraf persuasi advertising

Susu merupakan penyumbang kalsium tertinggi untuk tubuh kita. Untuk mencapai masa pertumbuhan yang maksimal kita harus meminum susu yang kaya akan kalsium. Susu Sehat merupakan susu tinggi kalsium dan rendah lemak pertama di Indonesia yang telah diproduksi sejak tahun 1990. Ayo penuhi kebutuhan kalsium anda dan milikilah bentuk tubuh impian anda. Tingga enggak harus gendut.

Paragraf persuasi propaganda

Paragraf jenis ini memiliki tujuan yang sederhana yakni merubah pola pikir pembacanya agar percaya dan satu memikiran dengan apa yang disampaika oleh penulis. Paragraf ini sangat mudah ditemui dalam novel maupun majalah yang umumnya memberikan informasi.

Contoh paragraf persuasi propaganda.

Manusa merupakan makhuk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia hidup saling memiliki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Maka dari itu sebagai manusia sekaligus makhuk sosial kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antar agama, ras, dan suku. Pada dasarnya kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita bahu membahu dan hidup dalam kesinambungan agar tercipta Indonesia yang damai dan aman.

Hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai paragraf persuasif. Apabila ada kesalahan kami mohon maaf. Silahkan kirim pesan demi perbaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih


Teks Persuasi
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/04/teks-persuasi-persuasion-text-syarat.html


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar