Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 27 Maret 2019

Pengertian Telekomunikasi, Komponen Dasar, Macam - Macam Komunikasi, Contoh - Contoh Alat Komunikasi, Telecommunication.

| Rabu, 27 Maret 2019
Pengertian Telekomunikasi - pustakapengetahuan.com


Pengertian Telekomunikasi.


Telekomunikasi berasal dari kata “tele” yang artinya jauh dan komunikasi yang berarti suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan, dll) dari satu pihak kepihak lain. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa telekomunikasi artinya adalah suatu proses penyampaian informasi, bisa dalam bentuk, pesan, ide, maupun gagasan dari satu pihak ke pihak yang lain yang dilakukan dalam jarak jauh. Telekomunikasi juga berarti teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain.

Komponen dasar

Untuk bisa melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu:
Informasi: merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file dan tulisan.
Pengirim: mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.

Media transmisi: alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi (dimodulasi) dengan gelombang radio, kemudian diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan dipancarkan dengan alat bernama antena, agar dapat terkirim jarak jauh.
Penerima: menerima sinyal elektromagnetik kemudian diubah menjadi sinyal listrik, sinyal diubah kedalam informasi asli sesuai dari pengirim, selanjutnya diproses hingga bisa dipahami oleh manusia sesuai dengan yang dikirimkan.

Analog dan digital

Dalam mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim, ada dua cara pengiriman yang dipakai:

Pertama adalah sinyal analog, mengubah bentuk informasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinyu (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi.

Kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal "0" dan "1".

Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog mudah terkena gangguan terutama gangguan induksi dan cuaca, sehingga di sisi penerima sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital tahan terhadap gangguan induksi dan cuaca, selama gangguan tidak melebih batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.


Macam - macam komunikasi jarak jauh

Dalam kaitannya dengan telekomunikasi, komunikasi jarak jauh dapat dibagi menjadi 3 macam:

Komunikasi satu arah (Simplex)


Komunikasi satu arah - pustakapengetahuan.com


Dalam komunikasi satu arah, pengirim dan penerima tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh media komunikasi satu arah: televisi, radio, pager, dll.

Komunikasi dua arah (Duplex)


Komunikasi dua arah - pustakapengetahuan.com


Dalam komunikasi dua arah, pengirim dan penerima dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama.

Contoh media komunikasi dua arah: Ponsel, telepon, VoIP, dll.

Komunikasi semi dua arah (Half Duplex)


Komunikasi semi dua arah (Half Duplex) - pustakapengetahuan.com


Dalam komunikasi semi dua arah, pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.

Contoh media komunikasi semi dua arah: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room



Jaringan telekomunikasi 


Jaringan telekomunikasi - pustakapengetahuan.com


Jaringan telekomunikasi terdiri atas dari tiga bagian utama, yaitu :

1. Perangkat transmisi

Perangkat transmisi bertugas menyampaikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik dekat, maupun jauh). Media transmisinya dapat berupa kabel, serat optik maupun udara, tergantung jarak dari tempat-tempat yang dihubungkan serta tergantung pada beberapa banyak tempat yang saling dihubungkan.

2. Perangkat penyambungan (switching)

Perangkat penyambungan bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain sesuai seperti yang diinginkannya. Perangkat penyambungan disebut masih menggunakan sistem manual bila diperlukan seorang operator yang bertugas menyambungkan pemakai dengan pemakai lain yang diingininya.

3. Terminal

Terminal adalah peralatan yang bertugas merubah sinyal informasi asli (suara manusia atau lainnya) menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.

Ini diperlukan karena perangkat transmisi yang mampu menyampaikan informasi tersebut dari satu tempat ketempat yang lain yang umumnya tidak dekat dalam waktu cepat, memang mempersyaratkan agar sinyal informasi diubah menjadi sinyal listrik (untuk dilewatkan kabel) atau menjadi sinyal elektromagnetik (untuk dilewatkan udara) atau menjadi sinyal cahaya (untuk dilewatkan serat optik).

Perangkat dan media transmisi sebagai penghubung antara perangkat penyambungan dengan terminal disebut sebagai JARLOKAT (Jaringan Lokal Akses Tembaga). Untuk sistem analog, biasanya jaringan kabel lokal menyediakan transmisi kanal telepon analog 4 kHz untuk setiap saluran pelanggan. Untuk ISDN, biasanya berupa kabel serat optik. Perangkat dan media transmisi sebagai penghubung antara perangkat penyambungan dengan perangkat penyambungan di tempat lain disebut jaringan penghubung atau jaringan interlokal. Jaringan penghubung biasanya berupa jaringan radio gelombang mikro, komunikasi satelit atau kabel serat optik.

Perangkat penyambungan disebut juga sebagai sentral. Karena jenis komunikasi yang paling awal yang dilayani sentral adalah komunikasi telepon maka selanjutnya kita sebut sentral telepon.


Perkembangan sistem telekomunikasi.

Sejak ditemukan telepon oleh Antonio Meucci, telekomunikasi telah berkembang pesat, bahkan bisa jadi tercepat diantara sistem lain. Terutama setelah ditemukan transistor, Integrated Circuit (IC), sistem prosesor, dan sistem penyimpanan.


Contoh alat - alat komunikasi


Contoh Alat - Alat Komunikasi - pustakapengetahuan.com


Diantara alat-alat telekomunikasi yaitu;

1. Telepon genggam (ponsel)

Telepon berasala dari kta tele (jauh) dan phone (suara) . Jadi, telepon adalah alat komunikasi jarak jauh meleluisinyal listrik yang biasanya berupa suara. Sedangkan Telepon genggam adalah perangkat telekomunikasi elektronikyang mempunyai kemampuan sama dengan telepon konvensional, namun dapat dibawa kemana-mana dan wireless

2. Radio

Radio merupakan teknologi yang membolehkan pengiriman sinya melalui gelombang elektromagnetik.

3. Televisi

 Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran gambar.

4. Jaringan Komputer

Adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnyayang bekerja bersama-samauntuk mencapai tujuan yang sama

5. Fax, dll.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengertian Penginderaan Jauh
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/03/pengertian-penginderaan-jauh-prinsip.html

Komunikasi Langsung dan Tidak Langsung
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/04/komunikasi-langsung-direct.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar