Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 21 Maret 2019

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), Pendiri ASEAN, Founder of ASEAN.

| Kamis, 21 Maret 2019
Pendiri ASEAN - pustakapengetahuan.com


Pada 8 Agustus 1967, 5 Menteri Luar Negeri dari negara Asia Tenggara duduk bersama dalam sebuah pertemuan di Bangkok, Thailand. Mereka menandatangani sebuah dokumen yang nantinya akan menjadi pijakan dari sebuah asosiasi yang kini dikenal sebagai Asosiasi Negara - Negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Penandatangan dokumen deklarasi pendirian ASEAN tersebut yang memicu pembentukan blok regional di tengah-tengah Perang Vietnam dan kejatuhan Vietnam, Laos, dan Kamboja pada rezim komunis. Blok yang di tahun ini akan memperingati ulang tahun yang ke-50, bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan di Asia Tenggara serta memicu perkembangan ekonomi dari negara-negara anggotanya.

Keanggotaan yang semula hanya diisi oleh 5 negara, anggota ASEAN bertambah ketika Brunei Darussalam bergabung dalam asosiasi ini pada tahun 1984; Vietnam di tahun 1995; Laos dan Myanmar di tahun 1997; serta Kamboja di tahun 1999.

Siapa sajakah nama pendiri ASEAN yang mewakili tiap negara-negara pendiri ASEAN. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai profil dan foto tokoh pendiri ASEAN dari tiap negara selengkapnya.


1. Adam Malik (Indonesia)


Adam Malik Indonesia - pustakapengetahuan.com


Adam Malik merupakan tokoh Indonesia yang dikenal sebagai salah satu dari 5 pendiri ASEAN yang berasal Indonesia. Ia lahir di Pematangsiantar, Sumatera Utara pada tanggal 22 Juli 1917 dan meninggal di kota Bandung, Jawa Barat pada tanggal 5 September 1984. Saat penandatanganan pembentukan ASEAN di tahun 1967, Adam Malik menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dan mewakili Indonesia dalam peristiwa Deklarasi Bangkok yang menjadi cikal bakal terbentuknya ASEAN.


2. Tun Abdul Razak (Malaysia).




Tun Abdul Razak lahir di Pekan, Pahang, Malaysia pada tanggal 11 Maret 1922 dan meninggal di London, Inggris pada tanggal 14 Januari 1976. Ia dikenal sebagai perwakilan Malaysia dalam Deklarasi Bangkok, menjadikannya salah satu dari 5 tokoh pendiri ASEAN. Abdul Razak juga menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak tahun 1970 sampai ia meninggal di tahun 1976.


3. Thanat Khoman (Thailand).


Thanat Khoman (Thailand) - pustakapengetahuan.com


Dalam Deklarasi Bangkok, negara Thailand diwakili oleh Thanat Khoman selaku Menteri Luar Negeri Thailand antara tahun 1959 sampai 1971. Khoman lahir di Bangkok pada tanggal 9 Mei 1914 dan meninggal pada tanggal 3 Maret 2016 lalu di usia yang ke-101 tahun. Thanat Khoman pun dikenal sebagai tokoh pemrakarsa ASEAN dari Thailand yang menjadi tuan rumah penandatanganan persetujuan.


4. Narciso Ramos (Filipina).


Narciso Ramos (Filipina) Philippines - pustakapengetahuan.com


Narciso Ramos adalah tokoh politik asal Filipina yang menjadi salah satu pendiri ASEAN. Ia lahir di Asingan, Pangasinan, Filipina pada tanggal 11 November 1900 dan meninggal di kota Manila, Filipina pada tanggal 3 Februari 1986. Ramos juga berprofesi sebagai jurnalis, pengacara dan duta besar. Saat Deklarasi Bangkok, Narciso Ramos mewakili Filipina sebagai Menteri Luar Negeri dan menjadi salah satu pelopor berdirinya ASEAN.


5. S. Rajaratnam (Singapura)


S. Rajaratnam singapore - pustakapengetahuan.com


Tokoh pemrakarsa ASEAN berikutnya adalah S. Rajaratnam dari Singapura. Nama lengkapnya Sinnathamby Rajaratnam yang lahir di Jaffina pada tanggal 25 Februari 1915 dan meninggal di Singapura pada tanggal 22 Februari 2006. Ia menjadi Menteri Luar Negeri Singapura antara tahun 1965 sampai 1980, maka tak heran jika ia menjadi perwakilan Singapura dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok 1967.

Demikianlah referensi pengetahuan mengenai tokoh tokoh pendiri ASEAN yang menjadi perwakilan 5 negara pendiri ASEAN pada penandatanganan Deklarasi Bangkok. Adapun 5 negara pemrakarsa ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Sekian zona referensi pengetahuan kali ini.

Kelima menteri luar negeri yang menandatangani deklarasi ASEAN kemudian dianggap sebagai bapak pendiri asosiasi ini. Para pendiri ini adalah negarawan yang terkenal dengan kiprahnya di negara masing-masing, dielu-elukan karena sentimen nasionalis dan visi yang mereka miliki untuk menjalin hubungan baik antar negara-negara di region Asia Tenggara.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.


Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/03/assosciation-of-southeast-asian-nations.html

Wawasan Nusantara
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/04/pengertian-dan-latar-belakang-unsur.html

Peraturan Perundangan di Indonesia
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/03/peraturan-perundangan-undangan.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar