Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Minggu, 06 Januari 2019

Teknik Seni Lukis, Pengertian dan Kelebihan Teknik Seni Lukis, Painting Technique.

| Minggu, 06 Januari 2019
Teknik Seni Lukis - pustakapengetahuan.com


Seni lukis merupakan salah satu dari seni rupa yang hingga sekarang masih banyak peminatnya hingga menjadi kekhasan sendiri jika seseorang menguasainya adalah seni lukis. Seni lukis memiliki sejarah yang sangat panjang. Dalam perkembanganya pada setiap era memiliki ciri khas dan tujuan serta fungsi tertentu. Banyak sekali aliran serta teknik yang digunakan para seniman untuk mengekspresikan imajinasi mereka.

Teknik Seni Lukis.

Bermacam - macam teknik dalam melukis dan setiap orang pasti akan memilih teknik sesuai dengan kemampuannya. Teknik seni lukis tentu sangat penting untuk menghasilkan lukisan yang bagus. Dan secara umum teknik lukis dibagi menjadi lima yang dapat digunakan secara luas dan dalam ruang lingkup melukis sehari-hari.

1. Cara melukis dengan teknik plakat.


Cara melukis dengan teknik plakat - pustakapengetahuan.com


Berbeda dengan teknik seni lukis aquarel yang terkesan transparan. Teknik plakat merupakan teknik melukis yang menggunakan cat air, cat akrilik maupun cat minyak dengan sapuan tebal dan komposisi cat yang kental. Sehingga memberi kesan yang colorfull pada setiap karya. Teknik seni lukis ini sering digunakan oleh pelukis professional untuk menghasilkan lukisan yang mempesona dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

2. Cara melukis dengan teknik aquarel.


Cara melukis dengan teknik aquarel - pustakapengetahuan.com


Teknik aqurel adalah teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan. Agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, alangkah baiknya kamu menggunakan cat yang sedikit encer.

Caranya :
  • Pilihlah cat air yang berkualitas. Kertas yang paling sesuai adalah kertas aquarel. Tidak dipungkiri memang, harga dan kualitas biasanya berjalan beriringan. Namun untuk kebutuhan bahan, bisa juga disesuaikan dengan budget yang sudah disesuaikan.
  • Pilihlah kertas yang cocok. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan teknik ini, gunakanlah kertas aquarel. Walaupun dilihat dari segi harga relatif lebih mahal. Namun kamu juga bisa menggunakan kertas gambar biasa.
  • Pilihlah kuas yang sesuai dan cocok dengan teknik aquarel ini. Ada banyak beragam merek kuas, tapi pilihlah saja kuas dengan budget yang kamu kantongi.


3. Cara melukis dengan teknik spray.


Cara melukis dengan teknik spray - pustakapengetahuan.com


Teknik spray adalah teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan menggunakan teknik ini yakni untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual. Anda mungkin sering melihat graffiti di tembok-tembok jalan, itulah salah satu contoh melukis dengan teknik spray.

4. Cara melukis dengan teknik tempera.


Cara melukis dengan teknik tempera - pustakapengetahuan.com


Teknik lukis tempera merupakan teknik melukis dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat sebagai bahan perekat. Lukisan ini sebagian menggunakan kayu sebagai kanvasnya dan ada juga yang langsung melukiskan ke tembok. Teknik tempera sempat menunjukkan masa jayanya di eropa antara tahun 1200 hingga 1500an. Duccio dan Simone Martini adalah diantara seniman Italia yang terkenal dengan menggunakan teknik ini.

5. Cara melukis dengan teknik pointilis.



Cara melukis dengan teknik pointilis - pustakapengetahuan.com


Teknik ini membutuhkan kesabaran yang lebih daripada teknik lukis lainnya, karena cara kerjanya dengan menggunakan titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang menawan. Sering kali para pelukis menggunakan gradasi warna untuk mengatur gelap terang lukisan.

Teknik Seni Lukis Cat Minyak.


Teknik seni lukis cat minyak - pustakapengetahuan.com


Seni lukis cat minyak adalah proses melukis dengan menggunakan pigmen yang terikat dengan media minyak pengering. Minyak pengering yang biasa digunakan seperti minyak biji rami, minyak kenari dan minyak poppyseed.

Seni lukis menggunakan cat minyak merupakan sebuah proses melukis dengan menggunakan pigmen yang dengan sebuah media minyak pengering. Minyak pengering yang digunakan biasanya adalah minyak kenari, minyak poppyseed, dan juga minyak biji rami. Seorang seniman lukis mungkin saja menggunakan berbagai macam jenis minyak yang berbeda hanya dalam sebuah lukisan tergantung efek yang di inginkannya. Secara umum teknik seni menggunakan cat minyak di bagi menjadi tiga. Berikut ini penjelasanya.

1. Teknik Kering.


Seni lukis menggunakan teknik kering - pustakapengetahuan.com


Teknik kering ini merupakan kebalikan dengan teknik basah. Lukis kering ini berarti melukis tanpa menggunakan campuran linseed oil atau cat minyak. Kuas yang digunakan melukis pada teknik kering ini diharuskan dalam keadaan kering serta tidak bierminyak. Untuk teknik basah ini disarankan menggunakan car yang baru saja dikeluarkan dari dalam tube. Teknik kering ini sangat cocok digunakan untuk membuat lukisan dengan kesan volume dan juga keruangan seperti naturalism, realism, dan juga surelsm.

Kelebihan seni lukis menggunakan teknik kering antara lain :
  • Kelebihan pertama adalah mudah menghapus warna dengan menumpuk warna lain.
  • Lebih mudah mengontrol detail dari lukisan tersebut.
  • Lebih mudah untuk membentuk objek, volume cat yang digunakan untuk melukis lebih cepat kering dan kesan ruang telihat lebih menarik.


2. Teknik Basah.


Seni lukis menggunakan teknik basah - pustakapengetahuan.com


Teknik lukis basah merupakan sebuah teknik melukis dengan cara membuat encer cat minyak dengan menggunakan linseed oil atau minyak cat. Setelah cat diencerkan dalam batas kekentalan tertentu barulah digunakan untuk memoles di atas permukaan kanvas. Dalam hal ini kuas yang digunakan adalah kuas yang memiliki bulu panjang.

Kelebihan seni lukis menggunakan teknik basah yaitu :
  • Dalam melukis teknik basah ini membutuhkan cat minyak yang relatif sedikit.
  • Cat yang masih menempel di palet masih bisa digunakan untuk melukis.
  • Lukisan terlihat lebih bersih dan proses pemblokan warna cenderung lebih cepat.


3. Teknik Campuran.


Seni lukis menggunakan teknik campuran - pustakapengetahuan.com


Teknik ini merupakan teknik yang mengkombanikasikan antara teknik antara kering dan basah. Dengan teknik ini kita bisa saling menutupi kekurangan dari teknik teknik yang lainya. Teknik campuran ini diawali dengan menggunakan teknik kering terlebih dahulu setelah membentuk baru menggunakan teknik basah untuk menyempurnakanya. Cara yang digunakan adalah memblok warna dengan sambil menambah intensitas cat minyak secara perlahan hingga tahap akhir sebuah lukisan.

Kelebihan seni lukis menggunakan teknik campuran adalah :
  • Pewarnaan lebih cepat karena pengkombinasian dengan teknik basah.
  • Pembentukan sebuah objek lukis lebih muydah dan lebih detail karena menggunakan teknik kering.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengertian Seni Lukis
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/01/pengertian-seni-lukis-teknik-seni-lukis.html

Macam - Macam Aliran Seni Lukis

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar