Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 17 Januari 2019

Kebutuhan Manusia, Macam - Macam Kebutuhan Manusia beserta Contoh dan Gambarnya, Human Needs.

| Kamis, 17 Januari 2019
Kebutuhan manusia - pustakapengetahuan.com


Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup manusia terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua yang  kebutuhan manusia, akan menjadikan kelangsungan hidup manusia yang sejahtera. Dari uraian diatas dapat disimbulkan bahwa kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri manusia yang ingin dipuaskan.

Orang membutuhkan sesuatu karena tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya memiliki kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum dan yang sakit ingin sembuh serta yang bodoh ingin menjadi pintar. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam diri manusia. 

Pengertian kebutuhan manusia.

Kebutuhan manusia adalah hal yang harus atau sangat ingin dipenuhi untuk dapat bertahan hidup atau untuk memuaskan suatu hasrat yang timbul. 
Kebutuhan menurut beberapa para ahli mengatakan bahwa Pengertian Kebutuhan adalah segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan hidupnya. Beragamnya barang dan jasa yang dibutuhkan manusia membuktikan bahwa kebutuhan manusia beragam juga.
Misalnya, kebutuhan kamu adalah makan, minum, sekolah, dan pakaian. Tetapi, semakin kebutuhan tersebut dipenuhi satu per satu, kamu pasti masih merasa belum puas. Nantinya, kamu akan membutuhkan hal-hal lain seperti handphone, motor, dan masih banyak lagi.

Faktor - faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

Banyak kebutuhan manusia yang harus terpenuhi, karena jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia tidak akan bisa memakukan aktivitasnya bahkan tidak bisa hidup.Macam-macam Kebutuhan tersebut jelas mempunyai dampak terhadap manusia dan lingkungannya, Namun Karena sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tak terbatas, maka terjadi kelangkaan dimana-mana, artinya banyak kebutuhan yang tak terpenuhi. Kebutuhan manusia yang satu tidak selalu sama dengan kebutuhan manusia lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya Faktor-faktor yang memengaruhi kebutuhan, yaitu sebagai berikut.

1. Kondisi alam.

Perbedaan kondisi alam yang terdapat di berbagai daerah menyebabkan kebutuhan masyarakatnya juga berbeda.Contohnya, orang yang tinggal di daerah daratan tinggi atau pegunungan membutuhkan pakaian tebal untuk mengurangi rasa dingin pada malam hari.Sementara orang yang tinggal di daratan rendah lebih senang mengenakan pakaian tipis yang terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat.

2. Peradaban.

Kebutuhan manusia meningkat seiring dengan meningkatnya peradaban.Ilmu pengetahuan terus bberkembang, manusai makin mampu menciptakan peralatan dan teknologi yang makin maju.Semua hasil ciptaan manusia itu sebenarnya dirancangn untuk membuat kehidupan lebih nyaman dan mudah. Perkembangan peradaban ini tidak akan pernah berhenti dan akan selalu membawa perkembangan pada peradaban umat manusia.

3. Agama dan kepercayaan.

Berbagai macam agama dan kepercayaan yang berbeda menyebabkan timbulnya perbedaan kebutuhan.Contohnya, adanya perayaan keagamaan menimbulkan adanya kebutuhan khusus. Menjelang Hari raya Idul Fitri kebutuhan akan ketupat meningkat tajam, melebihi hari-hari biasa.

4. Adat istiadat.

Berbagai macam adat istiadat yang dimiliki masyarakat akan menimbulkan adanya pola perilaku dan kebiasaan yang berbeda pula sehingga muncul berbagai macam kebutuhan, sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang bersangkutan. Misalnya, kebutuhan akan upacara tertentu, seperti upacara perkawinan, kesenian tradisional dan lain-lain.

Macam - Macam Kebutuhan Manusia.

1. Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaan (penting atau tidaknya)

Kebutuhan menurut intensitas dapat digolongkan sebagai berikut:

a. Kebutuhan mutlak.


Kebutuhan mutlak - pustakapengetahuan.com


Kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap manusia dan tidak mungkin ditinggalkan. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka manusia akan mati. Contoh kebutuhan mutlak adalah makan dan minum.

b. Kebutuhan primer.


Kebutuhan primer - pustakapengetahuan.com


Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia yang ingin hidup layak. Contoh Kebutuhan Primer antara lain: makanan, minuman, pakaian, dan rumah.

c. Kebutuhan sekunder.


Kebutuhan sekunder - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi.Kebutuhan ini berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.Misalnya mobil bagi orang berpenghasilan tinggi adalah kebutuhan sekunder, namun bagi orang yang berpenghasilan rendah adalah barang mewah.

d. Kebutuhan tersier.


Kebutuhan tersier - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang tingkat pemenuhannya setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

2. Kebutuhan Menurut Waktunya.

Kebuthuan menurut waktunya dapat digolongkan sebagai berikut,

a. Kebutuhan sekarang.


Kebutuhan sekarang - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekarang antara lain, obat bagi orang sakit dan makanan bagi orang kelaparan.

b. Kebutuhan mendesak.


Kebutuhan mendesak - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan mendesak merupakan kebutuhan yang sangat kritis(tiba-tiba) dan sifatnya sangat insidentil. Misalnya, bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam., kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara.

c. Kebutuhan masa akan datang.


Kebutuhan masa yang akan datang - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan masa akan daatang adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan di kemudian hari dan dapat ditunda karena tidak mendesak. Contoh kebutuhan masa akan datang adalah menabung.

d. Kebutuhan sepanjang waktu.


Kebutuhan sepanjang waktu - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan sepanjang waktu adalah sesuatu yang tidak berbatas dalam pemenuhannya, contoh mudahnya belajar. Kamu harus menuntut ilmu sepanjang waktu, Squad.

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya.

Kebutuhan menurut sifatnya dapat diglongkan sebagai berikut.

a.    Kebutuhan jasmani / material.


Kebutuhan jasmani - pustakapengetahuan.com


Kebutuhan jasmani adalah kebuthan yang berhubungan dengan jasmani atau fisik, yaitu menjaga penampilan atau kesehatan.Misalnya, berolehraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

b.    Kebutuhan rohani / nonmaterial.


Kebutuhan rohani - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan rohani ada;ah kebutuhan yang berhubungan dengan keseshatan jiwa. Contoh kebutuhan rohani antara lain beribadah menurut agama, bersosialisasi, dan berekreasi.

4. Kebutuhan menurut Sosial - Budaya.




Pada dasarnya kebutuhan ini berkaitan erat dengan lingkungan dan kondisi masyarakat sekaligus sifat-sifat psikologis manusia .Berkenaan dengan hal tersebut kebuutuhan ini meliputi kebuthan sosial dan psikologis.

a.    Kebutuhan sosial.


Kebutuhan sosial - pustakapengetahuan.com

Dalam hidup bermasyarakat manusia biasanya memounyai status atau kedudukan tertentu yang mengharuskan seseorang untuk mempunyai atau melaksanakan berbagai hal supaya dipandang layak atau pantas, Misalnya, memberikan sumbangan pada yang membutuhkan.

b.    Kebutuhan psikologis.


Kebutuhan psikologis - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan ini berkenaan dengan sifat rohani manusia sehingga tidak bersifat ekonomis dan tidak semuanya dapat dipenuhi dengan usaha ekonomi. Mislanya kebutuhan akan rasa aman, kebahagiaan, ketentraman, dan kebebasan.

5. Kebutuhan Menurut Subjeknya

Kebutuhan menurut subjeknya dapat digolongkan sebagai berikut.

a.    Kebutuhan individual.


Kebutuhan individual - pustakapengetahuan.com


Kebutuhan individual adalah kebutuhan perseorangan atau individu.Misalnya, seorang sekretaris membutuhkan komputer dan telepon.

b.    Kebutuhan kolektif.


Kebutuhan kolektif - pustakapengetahuan.com

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.Misalnya, jalan, jembatan, rumah sakit, dan tempat rekreasi.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang Dan Jasa

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar