Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Rabu, 19 Desember 2018

Teks Laporan Hasil Observasi, Pengertian, Kaidah, Unsur, Struktur, Ciri - Ciri, Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, observation Report Text.

| Rabu, 19 Desember 2018
Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi.


Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi - pustakapengetahuan.com


Observasi dalam suatu penelitian yaitu salah satu teknik dalam pengumpulan data yang digunakan dalam suatu penelitian tertentu. Sedangkan untuk teks hasil observasi memiliki pengertian yaitu isi teks yang menjelaskan tentang sesuatu informasi baik itu informasi tentang hewan, tanaman, fenomena alam, hasil karya manusia, dan fenomena sosial yang sesuai dengan fakta.

Teks laporan hasil observasi adalah bacaan yang di dalamnya berisi penjelasan dan informasi mengenai objek tertentu. Objek tersebut dapat berupa tumbuhan, lingkungan, hewan, dan lain-lain. Contoh teks laporan hasil observasi tersaji pada artikel ini. Dalam contoh teks tersebut nantinya, akan kamu temukan pemaparan subjek secara sistematik dan objektif sesuai dengan fakta dan klasifikasi hasil pengamatan.

Ada 2 struktur besar yang menyusun teks laporan hasil observasi yaitu:


  1. Pernyataan umum (klasifikasi) adalah pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Di tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan adalah bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.

Sedangkan struktur lain dari teks ini berupa:

  • Definisi Umum adalah pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas di dalam teks.
  • Definisi Bagian adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  • Definisi Manfaat adalah bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  • Penutup adalah bagian rincian akhir dari teks.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi.

Secara berurutan, struktur teks tipe ini meliputi:

  • Pernyataan Umum atau Klasifikasi. Sebagai pembuka teks, bagian klasifikasi ini memberikan definisi atau informasi tentang hasil pengamatan yang sudah dilakukan.
  • Paragraf yang Terdiri dari Aspek yang Dilaporkan. Bagian ini tersusun atas rincian informasi dari hasil observasi yang sudah dikerjakan. Secara lebih detail, paragraf-paragraf tersebut berisi tentang urutan klasifikasi atau penggolongan mulai dari kelas yang paling besar hingga yang paling kecil. Sebagai contoh, penggolongan objek observasi diikuti dengan faktor lingkungan, perilaku, peran, genetik, fungsi, fisik, atau kepribadian objek tersebut.

Kaidah/Unsur Teks Laporan Hasil Observasi.

Kaidah atau unsur yang terkandung dalam teks laporan ini, yaitu:

  • Bersifat menyeluruh atau global, tidak condong kepada pihak atau golongan apapun.
  • Merupakan hasil pengamatan terbaru.
  • Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan bahasa percakapan sehari-hari.
  • Objek yang diamati merupakan objek tunggal.
  • Tidak ada bagian penutup dari pengarang teks.

Ciri - Ciri Teks Laporan Hasil Observasi.

Yang membedakan teks laporan hasil observasi dengan teks jenis lainnya adalah:

  • Objektif. Laporan disusun berdasarkan keadaan objek amatan tanpa ada pengaruh atau pandangan pribadi dari si penyusun.
  • Faktual. Selain objektif, laporan juga disusun berdasarkan kenyataan di lapangan agar mudah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Sistematik. Laporan disusun secara teratur dan berurutan. Laporan juga sesuai dengan standar penulisan teks laporan hasil observasi.
  • Ada Objek. Seperti telah disebutkan di atas, objek yang dapat diobservasi meliputi hewan, tumbuhan, atau objek lain yang berada di lingkungan dan alam semesta.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi.

Setiap pengamatan pasti memiliki tujuan. Tujuan tersebut dituangkan dalam laporan hasil pengamatan berupa teks. Secara umum, tujuan observasi adalah memberi informasi tentang suatu objek tertentu berdasarkan fakta yang ada dan mencari pemecahan masalah berupa hipotesis.
Adapun tujuan lain dari observasi adalah untuk:

  • Menemukan cara atau teknik baru yang belum pernah digunakan sebelumnya.
  • Mengambil keputusan yang jauh lebih efektif dengan observasi.
  • Mencari tahu perkembangan masalah tertentu.
  • Mengawasi dan memperbaiki.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat.

Teks Laporan Hasil Observasi Rumput


Teks Laporan Hasil Observasi Rumput - pustakapengetahuan.com


Pernyataan umum rumput adalah tumbuhan monokotil yang mempunyai daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang, rumput berasal dari keluarga poacae.Daun rumput yang biasa ada di pekarangan rumah kita panjangnya antara 5 – 10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan dan sulit di kontrol pertumbuhannya.Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput manila, rumput teki, rumput kucai, rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, dan rumput ilalang.Anggota/aspek yang dilaporkan.

Rumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak. Di Indonesia rumput banyak digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, dan kerbau.Rumput juga bisa ditanam untuk membuat lanskap taman dan berfungsi sebagai karpet taman, warna daunnya yang hijau bisa menarik perhatian dan dapat menyejukkan mata orang yang melihat.

Rumput yang tumbuh di tanah yang lapang pertumbuhannya dibiarkan liar karena bisa dimanfaatkan peternak untuk melepas hewan ternaknya.Namun di sisi lain rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).

Teks Observasi tentang Beruang Madu.


Teks Observasi tentang Beruang Madu - pustakapengetahuan.com


Beruang madu adalah jenis beruang terkecil di antara delapan jenis beruang yang terdapat di dunia. Tinggi tubuhnya hanya berkisar di angka 140 cm, dengan tinggi punggung 70 cm dan bobot antara 50 hingga 65 kg.

Bulu yang cenderung pendek namun berkilau terlihat menutupi seluruh tubuh beruang madu kecuali telapak kaki. Terdapat ciri yang sangat khas pada tubuh beruang madu yaitu tanda berwarna jingga yang berada tepat di bawah leher.

Beruang madu hidup di pepohonan. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan 48 km/jam dan memiliki tenaga yang amat kuat. Karena tergolong mamalia, betina-betina beruang madu menyusui bayi mereka setelah beranak.

Hewan ini tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengonsumsi madu sesuai namanya, tapi juga beragam buah dan tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk pula tumbuhan jenis palem.

Selain madu dan tanaman, beruang madu juga senang memakan serangga, burung, serta binatang kecil lainnya.

Meski tenaganya amat kuat, beruang madu tergolong binatang yang mudah diserang. Mereka juga terancam punah karena habitat aslinya telah hilang dan dirusak.

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Alam.

Bulan


Teks observasi tentang bulan - pustakapengetahuan.com


Bulan adalah satelit alami planet Bumi. Ia selalu bergerak memutari porosnya, Bumi, setiap 27,3 hari. Oleh karenanya, bulan tidak terlihat di belahan Bumi yang sama sepanjang waktu.

Perputaran bulan mengelilingi Bumi juga yang menyebabkan ia terlihat hanya pada malam hari. Saat malam, bulan seolah-olah terlihat seperti memiliki cahayanya sendiri. Padahal, cahayanya merupakan pantulan dari cahaya matahari.

Di bulan, tidak ditemukan air, udara, serta sistem pelindung sekuat lapisan atmosfer yang melindungi permukaan bulan dari hantaman benda langit, seperti asteroid atau komet. Oleh karena itulah, tidak ada kehidupan di bulan.

Hantaman benda langit tersebut menyebabkan kawah-kawah di permukaan bulan. Kawah paling besar bernama Clavius. Ia memiliki diameter sejauh 230 km dan kedalaman sedalam 3,6 km.

Struktur bulan dari yang terdalam adalah inti, mantel, dan kerak. Inti bulan memiliki bagian dalam yang keras setebal 240 km serta bagian luar berupa cairan setebal 300 km. Terdapat kandungan besi yang sangat banyak dalam inti bulan.

Setelah inti, ada mantel yang amat tebal. Ia disusun oleh sedikit logam besi dan banyak mineral silikat. Kemudian yang terluar adalah kerak. Kerak bulan tersusun atas batuan granit dan juga mineral kalsium dengan ketebalan berkisar antara 48 hingga 74 km.

Jarak bulan dengan Bumi sangatlah jauh. Jika dihitung dari pusat bulan ke pusat Bumi, jarak rata-ratanya adalah 384.405 km atau sejauh 30 kali diameter Bumi. Meski jauh, bulan masih dalam jangkauan gaya gravitasi Bumi tapi ia tak jatuh menimpa porosnya.

Hal demikian terjadi karena gaya sentrifugal yang ditimbulkan oleh pergerakan bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal tersebut sedikit lebih besar daripada tarikan gravitasi Bumi, sehingga bulan tetap pada tempatnya.

Gaya sentrifugal ini pulalah yang menyebabkan bulan bergerak semakin menjauhi bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm tiap tahunnya.

Teks Laporan Hasil Observasi tentang Tumbuhan.

Bunga Bangkai.

Teks observasi bunga bangkai - pustakapengetahuan.com


Bunga bangkai merupakan salah satu tanaman langka yang terdapat di Indonesia. Ia memiliki nama lain, yaitu Rafflesia Arnoldy. Ukurannya sangat besar dan dapat menjulang tinggi hingga empat meter.

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Saat mekar, kelopak luar dari bunga ini terlihat berwarna putih, sedangkan bagian mahkotanya berwarna merah keunguan serupa magenta. Meski fisiknya terlihat besar dan kokoh, tapi masa hidupnya hanya tujuh hari sebelum kemudian mati.

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah satunya adalah di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Penebangan liar dan perubahan iklim adalah beberapa faktor yang menyebabkan bunga bangkai menjadi langka dan sangat sulit ditemukan.

Teks Laporan Observasi Kelapa


Teks Laporan Observasi Kelapa - pustakapengetahuan.com


Definisi Umum

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air.

Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin.Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia,  karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Definisi Bagian

Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Definisi Manfaat

Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun didalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Definisi Penutup

Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Pengertian Karya Ilmiah
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/02/karya-ilmiah-pengertian-tujuan-ciri.html

Pengertian Drama
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/02/drama-pengertian-sejarah-ciri-ciri.html

Pengertian Debat
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/02/pengertian-debat-unsur-unsur-ciri-ciri.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar