Kumpulan artikel tentang Pengetahuan, pendidikan dan dunia

Kamis, 26 Juli 2018

Pengertian Laut, Jenis - Jenis Laut, Manfaat Laut, Cara Menjaga Kelestarian Laut, Sea,

| Kamis, 26 Juli 2018
Pengertian laut dan jenis - jenis laut - berbagaireviews.com



Pengertian Laut.

Laut adalah sebuah badan air asin besar yang dikelilingi secara menyeluruh atau sebagian oleh daratan. Dalam pengartian yang lebih luas, "laut" adalah sistem perairan samudra berair asin yang saling terhubung di Bumi—dianggap sebagai satu samudra global atau sebagai beberapa divisi samudra utama. Laut memoderasi iklim Bumi dan memiliki peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen. Meskipun laut telah dijelajahi dan dieksplorasi sejak zaman prasejarah, kajian saintifik modern dari laut—oseanografi—baru dimulai pada masa ekspedisi Challenger Britania Raya pada 1870an. Laut secara konvensional terbagi dalam lima bagian samudra besar—yang meliputi empat samudra yang diakui Organisasi Hidrografi Internasional (Atlantik, Pasifik, Hindia, dan Arktik) dan Samudra Antarktika;bagian kelas dua yang lebih kecil, seperti Laut Tengah, dikenal sebagai laut.

Laut adalah aspek esensial dari perdagangan, perjalanan, penyarian mineral, dan pembangkit listrik manusia. Ini juga membuatnya penting pada peperangan dan membuat kota-kota besar terancam akan gempa bumi dan gunung berada dari sesar yang ada didekatnya; arus tsunami kuat; dan angin ribut, topan, dan siklon yang dihasilkan di wilayah tropis. Pengaruh dan dualitas ini memiliki dampak pada budaya manusia, dari dewa laut; puisi epos Homer; perubahan yang ditimbulkan oleh Pertukaran Kolumbia; penguburan laut; haiku-haiku karya Basho; seni kelautan hiperrealis; serta musik yang terinspirasi dari puji-pujian Alameda The Complaynt of Scotland, "The Sea and Sinbad's Ship" karya Rimsky-Korsakov dan "Penyimakan Laut" karya A-mei. Laut adalah tempat kegiatan-kegiatan waktu luang yang meliputi berenang, menyelam, selancar, dan pelayaran. Namun, pertumbuhan penduduk, industrialisasi, dan pertanian intensif semuanya berkontribusi pada polusi laut pada masa sekarang. Karbon dioksida di atmosfir makin meningkat jumlahnya, mengurangi pH dalam proses yang dikenal sebagai Asidifikasi samudra. Pembagian alam laut membuat pemancingan berlebihan makin menjadi masalah.


Sejarah Laut.

Berdasarkan sejarahnya, laut terbentuk sekitar 4,4 miliar tahun yang lalu, yang mana berawal sifatnya sangat asam dengan air yang mendidih dengan suhu sekitar 100°C disebabkan panasnya Bumi ketika itu.

Asamnya air laut terjadi karena ketika itu atmosfer Bumi diisi oleh karbon dioksida yang banyak. Keasaman air ini yang menjadi sebab tingginya pelapukan dan membuat laut menjadi asin sampai saat ini.

Ketika itu, gelombang Tsunami sering muncul karena banyaknya asteoroid yang menghantam Bumi. Pasang surut laut yang terjadi ketika itu juga bertipe mamut atau sanga tinggi akibat jarak Bulan yang begitu dekat dengan Bumi.


Kandungan Air Laut

Rasa air laut

Mungkin ketika kita membahas tentang laut, masih banyak kawan-kawan yang bertanya-tanya kenapa air laut ini rasanya asin. Nah langsung aja ke pembahasan yang ada dibawah ini.

Sebetulnya rasa air laut berasal dari daratan, kronologinya . Pada saat terjadi hujan di daratan, air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai-sungai dan akhirnya mencapai laut. Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut, air dari daratan juga membawa mineral, sehingga laut dipenuhi garam-garam mineral.

Kita mengetahui laut memiliki suatu permukaan yang sangat luas sehingga hal ini menjadi salah satu faktor penguapan dalam jumlah besar, pada saat air laut menguap, yang menguap hanyalah air(H2O) sedangkan garam-garam mineral tetap tinggal bersama air laut, begitulah sehingga air laut rasanya asin. Kadar keasinan air laut ini yang dipengaruhi oleh faktor suhu, biasanya semakin panas daerah tersebut, air lautnya semakin asin.

Setelah membaca pertanyaan di atas, mungkin sobat sudah mengetahui alasan mengapa air laut rasanya asin, tapi kembali muncul pertanyaan : Kenapa Air di danau rasanya tidak asin yang padahal airnya juga berasal dari daratan?

Nah jawabannya karena suatu permukaan air danau tidak cukup luas sehingga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih seimbang dan sumber mineralnya sangat terbatas, beda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu.

Kandungan garam dalam air laut.

Air Laut mempunyai kadar garam rata-rata 3,5 %. Artinya dalam 1 liter (1000 mL) air laut terdapat 35 garam (terutama, tapi tidak seluruhnya, merupakan garam dapur (NaCl).

Meskipun kebanyakan air laut di dunia mempunyai kadar garam sekitar 3,5 % air laut juga berbeda-beda kandungan garamnya. Yang Paling tawar ialah di timur Teluk Finlandia dan di utara Teluk Bothania, keduanya bagian dari laut Baltik. Yang paling asin yaitu di Laut Merah, dimana suhu tinggi dan sirkulasi terbatas membuat penguapan tinggi dan sedikit masukan air dari sungai-sungai. Kadar garam di beberapa danau dapat lebih tinggi lagi.

Air laut mempunyai kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Contohnya natrium, kalium, dan Kalsium, dan lain-lain. Jika air sungai mengalir ke lautan, air tersebut membawa garam. Ombak laut yang memukul pantai juga bisa menghasilkan garam yang terdapa pada batu-batuan. Lama kelamaan air laut menjadi asin karena banyak mengandung garam.


Jenis - Jenis Laut.

Jenis laut menurut proses terjadinya.



Jenis Laut Menurut Proses Terjadinya - berbagaireviews.com


Menurut proses terjadinya, laut terbagi menjadi tiga yakni:

Laut Transgresi.

Laut transgresi merupakan laut yang terbuat karena terdapat perubahan pada mua laut secara positif (dengan meluas). Perubahan permukaan itu terjadi disebabkan ada kenaikan di permukaan air laut atau karena daratannya turun, menjadikan beberapa daratan yang rendah menjadi sebab air laut menggenanginya. Perubahan itu terjadi di zaman es. Contoh laut transgresi antara lain Laut Jawa, Laut Arafuru, dan Laut Utara.

Laut ingresi.

Laut Ingresi adalah laut yang terjadi sebab terdapatnya penurunan tanah pada dasar laut. Menjadikan laut ini juga disebut denagn laut tanah turun. Penurunan tanah pada dasar laut akan membuat lubuhk laut dan palung laut.

Lubuk laut atau basin merupakan penurunan pada dasar laut yang terbentuk bulat. Contoh lubuk laut adalah lubuk Sulu, Lubuk Sulawesi, dan Lubuk Karibia.

Sedang Palung Laut atau trog yaitu penurunan pada dasar laut yang berupa memanjang. Contoh palung laut antara lain Palung Mendanau dengan dalam 1.085m, Palung Sunda dengan dalam 7.450 m dan Palung Mariana dengan dalam 10.683 (palung terdalam di dunia).

Laut regresi.

Laut regresi adalah jenis laut yang menyempit. Penyempitan ini bisa ada karena terdapat pengendapan karena batuan seperti pasir, lumpur dan lainnya yang dibawa oleh sungai yang muaranya di laut tersebut. Penyempitan laut ini sering ditemui di pantai utara pulau Jawa.


Jenis Laut Menurut Letak dan Kedalamannya.


Jenis Laut Menurut Letaknya - pustakapengetahuan.com

Jenis laut menurut kedalamnya.

Menurut kedalamannya, laut dibagi menjadi empat zona awau wilayah, yakni:

Zona Lithoral.

Zona lithoral merupakan wilayah pantai atau pesisir. Di wilayah ini ketika air pasang akan tergenang air dan ketika air surut berubah menjadi daratan. Untuk itu, wilayah ini sering disebut juga dengan Wilayah Pasang-Surut.

Zona Neritic.

Zona Neritic merupakan baris batas wilayah pasang surut sampai kedalaman 150 m. Di zona ini masih dapat ditembus oleh sinar matahari menjadikan di daerah ini paling banyak ada berbagai jenis kehidupan baik hewan ataupun tumbuhan.

Zona Bathyal.

Zona Bathyal merupakan wilayah laut yang mempuyai kedalam antara 150 – 1800 m. Wilayah ini tidak dapat tertembus sinar matahari, untuk itu kehidupan organismenya tidak sebanyak yang ada di wilayah Neritic.

Zona Abysal.

Zona abysal merupakan wilayah laut yang mempunyai kedalaman lebih dari 1800 m. Di wilayah tersebut suhu sangat dingin dan tidak ada tumbuh-tumbuhan. Jenis hewan yang dapat hidup di daerah ini sangat jarang.

Jenis laut menurut letaknya.

Berdasarkan letaknya, Laut dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut :

  • Laut Tepi ialah laut yang terletak di tepi benua (kontinen) dan seolah-olah terpisah dari samudera luas oleh daratan pulau-pulau atau jazirah. Contohnya pada Laut Cina Selatan dipisahkan oleh kepulauan Indonesia dan Kepulauan Filipina
  • Laut Pertengahan yaitu laut yang terletak diantara benua-benua. Lautnya dalam dan memiliki gugusan pulau-pulau. Contohnya pada Laut tengah diantara benua Afrika-Asia dan Eropa.
  • Laut pedalaman ialah laut-laut yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh daratan. Contohnya pada Laut Hitam.


Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia.



Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia - pustakapengetahuan.com


Sangat menarik memang mengetahui berbagai fakta unik yang dapat kita temukan di dalam laut. Adanya laut merupakan satu faktor yang sangat penting yang memungkinkan terjadinya kehidupan di muka bumi. Laut, juga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan kita sering mendengar lagu dengan lirik, “nenek moyangku seorang pelaut…” Hal ini mengindikasikan betapa laut sudah menjadi tumpuan hidup dan juga sumber daya alam bagi manusia bahkan sejak dahulu kala. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari keberadaan laut di bumi:

Laut Menyerap Karbon Dioksida.

Alasan mengapa laut sangat penting bagi kehidupan di bumi salah satunya adalah karena dengan adanya laut memungkinkan terserapnya sekitar 30 hingga 50 persen karbon dioksida dari hasil pembakaran. Karbon dioksida sendiri dihasilkan oleh bahan bakar fosil yang digunakan sebagai sumber energi bagi industri bahkan bagi kendaraan seperti sepeda motor. Namun seiring meningkatnya suhu permukaan laut, berpengaruh pula pada plankton sebagai penyerap karbon dioksida.

Sumber Kehidupan Nelayan.

Laut adalah penyedia sumber protein tersebar di dunia. Setiap tahunnya, ada sekitar 70 hingga 75 juta ton ikan yang ditangkap oleh para nelayan di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 29 persen di antara adalah untuk konsumsi manusia. Saat ini, sudah terjadi penangkapan ikan yang semakin tidak terkendali sehingga mengakibatkan langkanya beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon.

Jalur Transportasi.

Selain darat dan udara, jalur laut adalah salah satu jalur alternative lainnya untuk membantu mobilisasi masyarakat. Bahkan di Indonesia yang tidak lain adalah negara kepulauan yang dipisahkan oleh lautan – lautan, menggunakan jalur transportasi laut sangat membantu.

Untuk Tempat Rekreasi.

Laut dapat menjadi salah satu alternative tempat untuk rekreasi. Pemandangan di laut yang didominasi warna biru dengan angina semilir bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan penat dari aktifitas keseharian. Apalagi kita di Indonesia, banyak sekali wilayah laut Indonesia yang banyak dijadikan sebagai spot favorit untuk diving atau sekedar snorkeling atau bersantai. Bahkan banyak sekali spot laut Indonesia yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara.

Menjadi Sumber Bahan Makanan Sehat.

Selain menjadi sumber protein terbesar di dunia, laut juga memiliki berbagai bahan pangan lainnya. Laut menjadi tempat hidup tanaman seperti rumput laut, kerang, ikan dan masih banyak hewan maupun tumbuhan di dalam laut lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat dan kaya nutrisi.

Laut Sebagai Pengendali Iklim Dunia.

Alasan lainnya mengapa laut memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi adalah laut menjadi pengendali bagi iklim di dunia. Adanya laut memungkinkan suhu bumi tidak terlalu dingin juga tidak terlau panas bagi kehidupan berbagai jenis mahluk hidup di bumi. Laut berperan penghantar suhu panas dari daerah katulistiwa menuju wilayah yang lebih dingin yakni wilayah kutub. Sehingga pada daerah katulistiwa yang beriklim tropis tidak terlalu panas, dan pada wilayah kutub yang beriklim dingin tidak terlalu dingin yang artinya masih memungkinkan bagi mahluk hidup untuk tinggal di wilayah tersebut.

Objek untuk penelitan.

Ada berbagai biota yang hidup dan berkembang di laut. Hal tersebut juga lah yang pastinya mengundang keingintahuan dari berbagai pihak. Tak jarang, laut juga digunakan sebagai objek riset sebuah penelitian. Selain biota laut, hal lainnya yang biasa diteliti adalah aliran air, ombak, hingga tingkat salinitas air laut.

Sebagai Sumber Mineral.

Laut adalah penyedia atau sumber mineral terbesar di dunia. Beragam jenis mineral terkandung di dalam laut. Bahkan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu iodium, dapat didapat dari laut. Garam adalah produk dari air laut yang dapat menjadi sumber iodium bagi manusia. Kekurangan iodium dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Sumber Minyak Bumi.

Banyak perusahaan minyak yang membangun kilang minyak di lautan lepas. Ini karena di dalam laut terdapat banyak sumber minyak bumi, maupun gas alam yang sangat berguna bagi kehidupan dan kemaslahatan umat manusia. Para ahli juga memperkirakan jika kandungan minyak bumi dan gas alam di bawah laut jauh lebih besar dibandingkan yang ada di daratan.

Sumber Air Tawar yang Melimpah.

Tahukah anda jika air laut bisa menjadi air minum? Ya, air laut bisa kita konsumsi sebagai air minum asalkan terlebih dahulu melalui proses yang dinamakan proses desalinasi. Bahkan, proses desalinasi ini sudah banyak dipraktekan oleh berbagai negara di dunia, khusunya negara – negara yang memiliki sedikit sumber air tawar.

Sumber Pembangkit Listrik.

Secara alami laut mengalami pergerakan. Hal tersebut terjadi setiap harinya, pergerakan air laut yang kita ketahui yakni ombak maupun pergerakan pasang surut air laut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yakni dengan cara memanfaatkan pergerakan air laut tersebut sebagai penggerak turbin.


Cara untuk Menjaga Kelestarian Laut.


Cara untuk Menjaga Kelestarian Laut - pustakapengetahuan.com


Seiring perkembangan dan kemajuan jaman, laut pun semakin kotor dan semakin terekploitasi. Dampaknya sudah dapat kita rasakan mulai dari perubahan suhu, naiknya permukaan laut hingga semakin langkanya biota laut yang biasa kita manfaat sebagai sumber kehidupan kita. Menjaga laut tetap lestari merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai tempat hidup berbagai jenis ikan maupun karang, laut juga adalah yang memungkinkan adanya kehidupan di muka bumi. Tentu tidak terbayang bagaimana jadinya jika laut sudah mengalami kerusakan total.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kelestarian laut. Satu hal yang terpenting, anda dapat memulainya dari diri anda sendiri. Berikut untuk lebih jelasnya:

Kurangi penggunaan energi.

Dari hal kecil, ternyata bisa membantu kelestarian laut. Anda bahkan bisa melakukannya setiap hari. Contohnya, lebih memilih untuk berjalan kaki jika menuju tempat – tempat yang tidak terlalu jauh. Menghindari penggunaan kendaraan bermotor bisa menjadi salah satu ciri bahwa anda termasuk orang yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Untuk penerangan di rumah, usahakan menggunakan lampu hemat energi, dan perbanyak jendela. Sering – seringlah menggunakan tangga dari pada lift. Hal – hal tersebut memang terkesan sepele, namun akan terasa manfaatnya jika setiap orang sadar akan pentingnya laut bagi kehidupan.

Menurunkan konsumsi makanan laut.

Bagi penyuka makanan laut atau seafood, harap diingat jika semakin sering ikan ditangkap maka akan semakin menyusut pula populasi ikan. Sehingga, bijak – bijaklah dalam mengkonsumsi produk seafood, sehingga membantu pula menurunkan permintaan terhadap produk laut tersebut. Ini berarti kita sudah membantu menjaga populasi biota laut yang dijadikan produk makanan agar tidak mengalami kepunahan.

Kurangi pemakaian produk berbahan plastik.

Plastik banyak ditemukan di lautan sebagai sampai yang mengapung. Selain mengotori laut, plastik juga dapat memiliki andil dalam perusakan ekosistem laut.

Membantu merawat kebersihan laut dan pantai.

Bagaimana pun juga kebersihan dan kelestarian laut dan pantai menjadi tanggung jawab kita semua. Jika kita sehabis bermain di pantai, pastikan tidak meninggalkan sampah yang dapat mengotori pantai. Jika berekreasi di laut seperti dengan melakukan diving atau snorkeling, jangan memindahkan apalagi mengambil koral, karang atau apa pun yang menjadi bagian dari ekosistem laut.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada kesalahan dan kekurangannya, kami mohon yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang sifatnya membangun, Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Manfaat Air
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/04/manfaat-dan-kegunaan-air-bagi-kehidupan.html

Tumbuhan Monokotil
https://www.pustakapengetahuan.com/2019/01/tumbuhan-monokotil-pengertian-ciri-ciri.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar